Minggu, 15 Maret 2020

MENGENAL MUSIK TRADISIONAL INDONESIA

Di tengah perkembangan musik yang semakin canggih keberadaan alat musik tradisional tidak pernah hilang dan masih banyak diminati oleh banyak orang. Bahkan beberapa alat musik tradisional Indonesia telah dikenal mancanegara.
Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keragaman alat musiknya. Hal ini tak lepas karena kekayaan budaya masyarakatnya. Ada begitu banyak alat musik yang bisa kamu temui dan semuanya memiliki keunikannya masing-masing.
Di bawah ini ada 7 alat musik tradisional Indonesia yang terkenal dan mendunia telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/3).
1 dari 7 halaman

1. Gamelan

Jenis alat musik tradisional yang pertama yaitu gamelan. Alat musik ini berasal dari Jawa Tengah. Cara memainkan gamelan adalah dengan dipukul menggunakan alat pemukul. Kata gamelan berasal dari bahasa Jawa gamel yang memiliki arti memukul atau menabuh, diikuti dengan akhiran an yang menjadikannya kata benda.
belajar gamelan di museum nasional
2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho
Gamelan terdiri dari himpunan alat musik seperti kendang, bonang burung, bonang penerus, demung, saron dan rebab. Orkes ini kebanyakan terdapat di pulau Jawa, Madura, Bali dan Lombok yang mana jenis ukuran dan bentuknya pun beragam.
2 dari 7 halaman

2. Angklung

Alat musik angklung tidak hanya terkenal di Indonesia tapi juga mancanegar, ternyata banyak warga asing juga tertarik dengan alat musik yang berasal dari Jawa Barat ini. Cara memainkan angklung adalah dengan menggerakan tangan kita.
ilustrasi angklung
Pixabay
Angklung terbuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan dengan tangan. Setelah digoyangkan maka bunyinya akan kelur. Hal ini disebabkan oleh benturan badan pipa bamboo. Bunyi yang bergetar menghasilkan susunan nada 2, 3 sampai dengan 4 nada dalam setiap ukuran baim besar maupun kecil.
Ada banyak jenis angklung di Indonesia bukan hanya angklung Jawa Barat tetapi juga da angklung Bali, angklung Banyuwangi, Angklung Gubrag dan sebagainya.
3 dari 7 halaman

3. Kolintang

Alat musik tradisional lainnya yang mendunia adalah kolintang yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Bahkan permainan kolintang pernah memecahkan rekor dunia pada tahun 2009 silam.
Dikutip dari Liputan6.com tercatat hingga 3.011 orang memainkan alat musik bambu bersama-sama dan 1.223 orang memainkan kolintang secara massal di Stadion Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara.
Ribuan peserta memainkan alat musik mereka masing-masing secara apik sehingga nada yang dihasilkan pun tampak serasi dan memiliki nilai yang sangat tinggi. Tak sia-sia bila kemudian empat rekor dunia berhasil diraih.
4 dari 7 halaman

4. Sasando

Alat musik yang satu ini konon sudah digunakan masyarakat di Rote, Nusa Tenggara Timur sejak abad ke-7. Kini sasando yang kerap disebut mirip gitar ini telah mendunia. Sasando memiliki bagian utama yang berbentuk tabung panjang yang terbuat dari bambu. Pada bagian tengah alat musik berdawai ini berbentuk melingkar dari atas ke bawah. Dawai-dawai pada sasando digunakan untuk memainkan lagu-lagu tradisional masyarakat pulau Rote.
Kini dengan sedikit modifikasi ada sasando eletrik. Meski modern alat musik ini tetap mempertahankan bentuknya yang klasik. Di Indonesia sasando terbilang langka seiring dengan berkurangnya minat anak muda yang memainkan alat musik ini. Padahal dengan modifikasi elektrik tak menutup kemungkinan bisa bersaing dengan alat musik masa kini.
5 dari 7 halaman

5. Serune Kale

Alat musik tradisional ini telah lama berkembang dan dihayati oleh masyarakat Aceh. Alat musik ini sangat populer di daerah Pidie, Aceh Utara, Aceh Besar dan Aceh Barat. Alat musik ini kerap kali dimainkan bersamaan dengan Rapai dan Gendrang pada acara-acara hiburan, tari-tarian atau penyambutan tamu kehormatan.
Bahan dasar sarune kale ini berupa kayu, kuningan dan tembaga. Bentuk alat musiknya hampir menyerupai seruling bamboo. Warna dasarnya hitam yang berfungsi sebagai pemanis atau penghias musik tradisional Aceh.
6 dari 7 halaman

6. Tifa

Tifa merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Maluku dan Papua. Tifa umumnya dimainkan saat menggelar upacara adat, pertunjukan musik, maupun pementasan tari tradisional.
Bahan dasar tifa adalah kayu yang dilubangi pada bagian tengahnya dan cara memainkannya adalah dengan memukul bagian ujung tifa untuk mendengarkan bagaimana bunyi yang dihasilkan.
Selain bentuknya yang klasik tifa cukup menghasilkan suara yang unik dan indah sehingga banyak turis tertarik untuk menjadikannya oleh-oleh ketika hendak pulang dari Maluku atau Papua. Tak heran bila semakin lama tifa semakin dikenal masyarakat dunia.
7 dari 7 halaman

7. Slenthem

Tengah juga memiliki alat musik tradisional slenthem yang cara memainkannya seperti gong yaitu dengan cara dipukul dengan alat pukul. Ternyata slenthem ini termasuk salah satu instrumen gamelan.
Seperti halnya instrumen lain dalam satu set gamelan, slenthem juga memiliki versi slendro dan versi pelog. Wilahan slenthem pelog umumnya memiliki rentang nada C hingga B, sedangkan slenthem slendro memiliki rentang nada C, D, E, G, A, C.

ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA

Dibawah ini adalah beberapa alat musik tradisional Indonesia:

1. SERUNE KALE

Serune Kalee
kenalibudaya.info
Jenis alat musik tersebut adalah jenis alat musik yang mengeluarkan bunyi berjenis aerofon. Alat musik ini berasal dari daerah Nanggroe Aceh Darussalam.

2. ARAMBA

Aramba
alatmusik.org
Jenis alat musik tersebut adalah jenis alat musik yang memiliki bunyi Ideofon (bunyi yang dihasilkan dari bunyi dasarnya). Alat musik ini berasal dari Pulau Nias, Sumatera Utara. Cara menggunakan alat musik ini adalah dengan cara dipukul dengan pemukul, semisal stik.

3. SALUANG

Jenis alat musik tersebut adalah jenis alat musik yang memiliki bunyi seperti Aerofon (bunyi yang dihasilkan seperti bunyi pada hembusan angin). Saluang  berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Cara penggunaan alat musik tradisional ini dengan cara ditiup dan menggunakan jari.

4. GAMBUS

Gambus
pinterest.com
Jenis alat musik tersebut adalah jenis alat musik yang memiliki jenis bunyi kordofun (bunyinya dihasilkan oleh senar atau dawai). Alat ini berasal dari Kepulauan Riau, Gambus ini alat musik yang memiliki 3 sampai 12 senar.

5. SERANGKO

Serangko
alatmusik.org
Jenis alat musik tersebut adalah jenis alat musik yang terbuat dari tanduk kerbau. Bunyi serangko ini dihasilkan dengan cara ditiupdan berasal dari Jambi, biasanya juga digunakan untuk pemberitahuan musibah.

6. ACCORDION

Accordion
amazon.com
Jenis alat musik tersebut adalah jenis alat musik yang berasal dari hembusan napas, yang biasanya disebut dengan jenis bunyi Aerofon. Bunyi alat musik ini dihasilkan dengan cara ditiup dan menggunakan kedua tangan untuk mengatur nadanya. Alat ini berasal dari daerah Sumatera Selatan.

7. DOLL

doll
perpek.com
Alat ini merupakan jenis alat musik yang asal bunyinya dihasilkan dengan cara memukul alat musik tersebut (Membranofon). Cara menggunakan alat musik ini yaitu dengan memukulnya, bisa menggunakan pemukul atau sejenisnya.

8. BENDE

Bende
tjokrosuharto.com
Alat musik yang mana asal bunyinya berasal dari bahan dasarnya atau yang biasa disebut Ideofon. Agar menghasilkan bunyi alat musik ini yaitu dilakukan dengan memukul menggunakan pemukul. Alat musik ini yang berasal dari Lampung.

9. GENDANG MELAYU

Gendang Melayu
gapuranews.com
Jenis alat musik tersebut adalah jenis alat musik yang berjenis membranofon (bunyi yang dihasilkan berasal dari asalnya) yang berasal dari Bangka Belitung. Cara memainkannya yaitu dengan dipukul menggunakan telapak tangan.

10. GENDANG PANJANG

Gendang Panjang
thegorbalsla.com
Jenis alat musik tersebut adalah alat musik yang jenis suara membranofon yang penggunaannya dengan cara menepukkan tangan pada bagian lunak dari alat musik ini. Alat musik tradisional ini  berasal dari Riau.

11. TEHYAN

Tehyan
bukalapak.com
Jenis alat musik tersebut adalah alat musik yang memiliki jenis bunyi kordofon. Cara memainkan alat ini yaitu dengan digesek seperti biola dan alat musik ini berasal dari Jakarta.

12. ANGKLUNG

Angklung
indovoices.com
Alat musik ini adalah alat musik tradisional yang memiliki jenis suara ideofon. Angklung berasal dari ibukota Jakarta.

13. GAMELAN

Gamelan
goodnewsfromindonesia.id
Alat musik gamelan ini memiliki jenis bunyi ideofon. Cara penggunaan alat musik ini dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus. Gamelan adalah alat musik yang berasal dari Jawa Tengah.

14. GENDANG

Gendang
pbhmusic.com.my
Banyak macam-macam kendang. nah kendang yang diatas ini adalah kendang silat masih banyak lagi jenisnya seperti kendang ketipung, tabla, rampak dan lainnya. Alat musik ini berjenis ideofon yang cara memainkannya dengan ditepuk pada bagian lunak Gendang. Asal alat musik tradisional dari Yogyakarta.

15. BONANG

Bonang
europeana.eu
Alat musik dengan jenis suara ideofon yang cara memainkannya dengan dipukul menggunakan alat tertentu, berasal dari Jawa Timur.

16. GENDANG

Gendang
bukalapak.com
Gendang adalah alat musik tradisional yang memiliki jenis suara membranofon. Alat musik ini berasal dari Banten.

17. GENGCENG

Alat Musik Ceng Ceng
kamerabudaya.com
Gengceng adalah alat musik yang memiliki jenis bunyi ideofon yang berasal dari Bali.

18. SERUNAI

Serunai
dakta.com
Alat musik ini juga merupakan alat musik tradisional dengan jenis suara aerofon yang dimainkan dengan cara ditiup sama seperti seruling. Serunai adalah alat musik yang berasal dari Nusa Tenggara Barat.

19. SESANDO

Sasando
metmuseum.org
Sesando merupakan alat musik tradisional dengan jenis bunyi chordofan yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini berasal dari Nusa Tenggara Barat.

20. JAPEN

Japen
kenalibudaya.info
Japen merupakan alat musik tradisional dengan jenis bunyi chordofan. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini berasal dari Kalimantan Tengah.

21. SAMPE

Sampe
www.kata.co.id
Japen merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik YANGmemiliki jenis bunyi Chordofan. Alat musik ini berasal dari Kalimantan Timur.

22. TUMA

Tuma
jv.wikipedia.org
Tuma merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara menepuknya dengan tangan dan memiliki jenis bunyi membranofon. Alat musik ini berasal dari Kalimantan Timur.

23. PANTING

Panting
wacana.co
Panting merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini berasal dari daerah Kalimantan Selatan.

24. KOLINTANG

Kolintang
Kolintang
Kolintang merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik yang memiliki jenis bunyi Chordofan. Alat musik ini berasal dari Sulawesi Utara.

25. GANDA

Ganda
flickr.com
Ganda merupakan alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan cara menepuk menggunakan telapak tangan, memiliki jenis bunyi membranofon. Alat musik ini berasal dari Sulawesi Tengah.

26. KESO

Keso
hisyam-rahmadian.blogspot.com
Keso merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara digesek yang memiliki jenis bunyi Chordofan. Alat musik ini berasal dari Sulawesi Selatan.

27. LADOLADO

Ladolado
hegorbalsla.com
Ladolado merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat tertentu. Alat musik ini berasal dari daerah Sulawesi Tenggara.

28. KECAPI

Kecapi
thegorbalsla.com
Kecapi merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini berasal dari Sulawesi Barat.

29. NAFIRI

Nafiri
thegorbalsla.com
Nafiri merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditepuk. Alat musik ini berasal dari Maluku.

30. FU

FU
cintaindonesia.web.id
FU merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini berasal dari Maluku utara.

31. KENDANG

kendang
hadisukirno.co.id
Kendang merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul dengan alat atau dengan telapak tangan. Alat musik yang berasal dari Jawa Barat.

32. TIFA

tifa
negerikuindonesia.com
Tifa merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan dipukul menggunakan telapak tangan. Alat musik ini berasal dari Papua

33. GUOTO

Guoto
thegorbalsla.com
Guoto merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara memetik senarnya. Alat music yang berasal dari Papua Barat.

34. KULANTER

Kulanter
shopee.co.id
Kulanter merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul dan berasal dari Jawa Barat.

35. GONG

Gong
id.wikipedia.org
Gong merupakan alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan dipukul dengan suatu alat. Alat musik ini berasal dari daerah Jawa Barat.

36. JENGGLONG

Jengglong
alculture567.blogspot.com
Jengglong merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul dengan suatu alat. Alat musik ini juga berasal dari Jawa Barat.

37. REBAB

Rebab
kamerabudaya.com
Rebab merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan digesek seperti biola. Alat musik ini berasal dari Jawa Barat.

38. TALEPONG

Talempong
indonesiakaya.com
Talepong merupakan alat musik tradisional yang berbentuk seperti Bonang (Jawa Tengah), dimainkan dengan dipukul. Alat musik berasal dari Sumatera Barat.

39. PUPUIK BATANG PADI

Pupuik Batang Padi
twitter.com
Pupuik Batang Padi merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini juga berasal dari Sumatera Barat.

40. SERUNAI

serunai
dakta.com
Alat musik tradisional ini yang dimainkan dengan cara ditiup, biasanya terbuat dari bambu, kayu, atau padi. Alat musik ini berasal dari Sumatera Barat.

41. TAMBUA & TANSA

Tambua & Tansa
yourou.id
Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara dipukul secara bersamaan, terbuat dari kayu yang bagian tengahnya di lubangi. Alat musik ini berasal dari Sumatera Barat.

42. BURDAN ATAU GENDANG OKU

Burdan atau Gendang Oku
musik.faktualnews.co
Burdah atau Gendang Oku adalah alat musik tradisional Palembang, Sumatera Selatan

43. TENUN

Tenun
musik.faktualnews.co
Alat musik tradisional ini terbuat dari kayu dan berbentuk segitiga. Dulu digunakan sebagai alat musik yang digunakan untuk menghibur para pekerja yang sedang menenun. Alat musik ini berasal dari Sumatera Selatan.

44. KENONG BASEMAH

Kenong Basemah
thegorbalsla.com
Kenong Basemah merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul, terbuat dari tembaga. Alat musik ini berasal dari Sumatera Selatan.

45. TEBANGAN

Tebangan
ilmuseni.com
Alat musik tradisional ini berbentuk seperti rebana, dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini berasal dari Sumatera Selatan.

46. GENGGONG

Genggong
wajibbaca.com
Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara ditiup seperti harmonika. Alat musik ini berasal dari Sumatera Selatan.

47. CAKLEMONG

Caklemong
moondoggiesmusic.com
Alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara memukulnya dengan menggunakan alat pemukul khusus. Alat musik ini berasal dari Bangka Belitung.

48. GAMBANGAN

Gambangan
alatmusik.org
Alat musik tradisional ini terdiri dari tujuh potongan kayu, dimainkan dengan cara dipukul menggunakan kayu. Alat musik ini berasal Bangka Belitung.

49. KOMPANG

Kompang
usleducation.com
Alat musik ini seperti rebana yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan, terbuat dari kayu dan kulit kambing. Alat musik ini berasal dari Lampung.

50. GANDA ATAU KANDA

Ganda atau Kanda
slideplayer.info
Inilah beberapa dari alat musik tradisional di Indonesia. Masih banyak lagi Alat musik tradisional yang perlu kita lestarikan, yang menjadi penanda kekayaan dan keragaman budaya negeri ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar